Senin , April 6 2020
Home / SEO / Seo, Smo dan Sem. Apa Bedanya?

Seo, Smo dan Sem. Apa Bedanya?

Seo dan Smo adalah sebuah istilah dalam dunia blogging. Istilah seo mungkin sudah cukup lama di ketahui oleh rekan-rekan blogger yang telah cukup lama berkecimpung dengan dunia blogging. Tapi.. untuk istilah Smo atau bahkan istilah Sem kami yakin masih ada cukup banyak yang belum mengetahuinya.

Artikel kali ini kita akan mencoba sedikit membahas tentang definisi dari seo, smo dan sem beserta fungsi dan cara untuk melakukannya. Untuk rekan-rekan blogger yang telah cukup mengetahui tentang hal ini saran, pendapat dan kritikannya kami tunggu di kolom komentar. Terima kasih

Ok langsung saja..

Definisi SEO, SMO dan SEM

SEO adalah singkatan dari kalimat bahasa inggris yang berbunyi Search Engine Optimization. Dalam bahasa Indonesia dapat di artikan sebagai cara mengoptimalkan sebuah blog atau artikel agar dapat mencapai hasil maksimal di halaman penelusuran mesin pencari google atau mesin pencari lain.

 

SEO, SMO dan SEM. Manfaat, Kelebihan dan Kekurangannya

 

SMO adalah singkatan dari kata Sosial Media Optimization. Dalam bahasa Indonesia dapat di artikan sebagai cara untuk mengoptimalkan sebuah blog artikel dalam blog dengan menggunakan bantuan sosial media seperti Twitter, Facebook, Instagram dan sosial media lainnya.

Jika SEO hanya menggunakan cara atau trik yang hanya melibatkan suatu blog, beberapa blog, atau artikel itu sendiri tidak dengan SMO. Karena SMO melibatkan situs, website atau aplikasi lain.

SEM adalah singkatan dari kata Search Engine Marketing. Dalam bahasa Indonesia dapat di artikan sebagai cara untuk mengoptimalkan sebuah blog, situs atau artikel dengan cara melibatkan situs lain dan ini berbayar tidak gratis.

Sebenarnya SEM dan SEO tidak jauh berbeda. Begitu pula dengan SMO. Perbedaan yang mendasar adalah bahwa SEO dan SMO dapat di lakukan tanpa biaya atau hampir tanpa biaya. Sementara mengoptimalkan sebuah situs atau artikel dengan cara SEM mutlak menggunakan biaya.

Alasannya adalah bahwa menggunakan cara SEM untuk mengoptimalkan suatu situs, blog atau artikel melibatkan situs atau sosial media lainnya dengan cara berbayar. Contohnya adalah SEM di lakukan dengan mengikuti program adword yang di miliki Google, inc atau fbads yang di miliki Facebook.

Dari tulisan di atas kami kira saat ini rekan-rekan telah cukup mengetahui perbedaan mendasar antara SEO, SMO dan SEM. Selanjutnya kita akan membahas kelebihan dan kekurangan ketiga cara tersebut.

Untuk istilahnya sendiri berasal dari mana sampai saat ini kami belum cukup mengetahuinya. Yang pasti adalah bahwa ketiga istilah tersebut adalah istilah-istilah yang cukup familiar di kalangan blogger.

Manfaat SEO, SMO dan SEM

Tidak ada lain manfaat dari menggunakan seo, smo atau sem untuk mengoptimalkan suatu situs, blog atau artikel adalah untuk membuat sebuah situs, blog atau artikel memiliki kesempatan untuk dapat meraih banyak kunjungan dari netizen, peselancar dunia maya.

Muaranya adalah dengan hasil yang optimal dari banyaknya jumlah kunjungan peselancar ke dalam sebuah situs, blog atau artikel maka akan dapat meningkatkan potensi pendapatan.

Selain tentunya akan dapat membuat pemilik sebuah situs, blog atau artikel dapat lebih di kenal. Tentu dengan catatan jika pemilik situs, blog atau artikel menampilkan dirinya atau tidak bersifat anonim.

Kelebihan dan Kekurangan SEO, SMO dan SEM

Kelebihan SEO, SMO dan SEM
SEO dan SMO dapat di kerjakan sendiri tanpa biaya atau hampir tanpa biaya. Sementara kelebihan SEM adalah prosesnya cepat, relatif tidak membutuhkan banyak waktu

Kekurangan SEO, SMO dan SEM
Kekurangan SEO adalah membutuhkan banyak waktu dalam mempelajari, menerapkan dan untuk menerima hasilnya. Terkadang prosea trial dan error mutlak di butuhkan.

SMO jg memiliki kekurangan. Dari apa yang kami ketahui kekurangan SMO yang paling vital adalah bahwa menggunakan cara SMO untuk memaksimalkan sebuah situs, blog atau artikel di butuhkan sikap aktif di dalamnya.

Kekurangan SEM jika ini di sebutkan yang paling utama adalah menggunakan cara SEM untuk mendongkrak sebuah situs, blog atau artikel membutuhkan biaya rutin di dalamnya.

Namun demikian terlepas dari kekurangan dan kelebihan cara SEO, SMO dan SEM dalam mengoptimalkan sebuah situs, blog atau artikel, mengoptimalkan situs, blog atau artikel yang kita miliki menjadi mutlak kalau kita menginginkan situs, blog atau artikel yang kita miliki atau kelola mampu mendapatkan pengunjung yang banyak.

Pengunjung yang banyak ke dalam sebuah situs, blog atau artikel tentunya sebagaimana telah kita ketahui berbanding lurus dengan potensi penghasilan yang akan kita dapatkan.

Pilihan untuk menggunakan cara SEO, SMO atau SEM kembali kepada rekan-rekan blogger semua. Saran kami jika mungkin untuk dapat menggabungkan ketiganya.

Demikian yang dapat kami tuliskan. Semoga artikel tentang Seo, Smo dan Sem ini bermanfaat. salam sukses.. salam sejahtera untuk kita semua. Tetap semangat!

Check Also

Cara Membuat Visitor Blog Berlimpah Dengan SEO

Cara membuat visitor blog berlimpah dengan menggunakan seo dapat di lakukan dengan menggunakan berbagai cara. …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *