Minggu , April 5 2020
Home / Tutorial / Cerita Proses Migrasi Blog Custom Domain ke VPS Vultr Lancar

Cerita Proses Migrasi Blog Custom Domain ke VPS Vultr Lancar

Alhamdulillah.. akhirnya proses migrasi blog custom domain ke vps vultr dapat berjalan dengan lancar. Artikel tentang cara migrasi blog custom domain ke vps ini sekaligus menjadi artikel pertama blog pribadi di bulan januari 2020 setelah resmi berpindah dari custom domain ke vps.

Sedikit kami ingin berbagi pengalaman untuk rekan-rekan yang ingin melakukan proses pindahan blog dari custom domain ke self hosted atau langsung ke vps tapi masih ragu untuk pindahan, kami sampaikan ternyata proses migrasi tidak sesulit apa yang di kira.

Prosesnya memang relatif agak panjang karena kami memang sama sekali belum ada pengalaman menggunakan vps, virtual privat server. Sejauh yang kami tau adalah cara pindahan blog dari blogspot ke custom domain dan pindahan blog dari custom domain ke self hosted, hosting sendiri.

 

Cerita proses migrasi blog custom domain ke vps vultr

 

Tapi sekali lagi kami sampaikan bahwa ternyata untuk proses pindahan/migrasi blog dari custom blogspot ke vps tidak sesulit yang kami bayangkan. Semua relatif dapat berjalan dengan lancar. Walau ada proses trial error sampai tingkatan pada instal ulang vps/destroy vps.

Akhirnya setelah semalaman di depan laptop sembari browsing untuk mencari tutorial tentang cara migrasi dari blog custom domain ke vps akhirnya dapat berjalan dengan lancar seperti dapat anda saksikan sekarang. Kini blog pribadi telah resmi menggunakan hosting vps.

Proses pindahan blog dari custom domain ke vps ternyata tidak sesulit yang mungkin kita kira. Artikel tentang pengalaman pindahan blog custom domain ke vps ini kami maksudkan juga sebagai pelengkap tutorial yang mungkin agak sedikit kurang lengkap pembahasannya.

 

Panel gratis easyengine

 

Proses Migrasi Blog Custom Domain Ke VPS Vultr

Ok, langsung saja..

Jadi ceritanya kami pindahahan blog custom domain yang lumayan dah berumur dan memiliki artikel ratusan dengan jumlah pengunjung masih ribuan perhari. Kami memindahkan blog custom domain kami ke vps vultr seharga $5 bulan. Kami mendapatkan kredit sebesar $50 yang dapat di gunakan untuk 1 tahun dengan hanya mengeluarkan biaya sebesar $10. Di tambah bonus sebesar $3 dolar yang kami dapatkan dari menautkan akun twitter yang kami miliki di vultr.

Proses pindahan ini kami coba dengan menggunakan panel gratisan cyberpanel, yang rekomendasinya di internet cukup baik sebagai pengganti cpanel. Satu alasan penting kenapa kami masih ingin menggunakan panel di vps adalah karena kami memang belum bisa, belum terbiasa dalam menggunakan sistem operasi berbasis linux.

Setelah mencoba menggunakan cyberpanel alhamdulillah akhirnya semua dapat berjalan dengan cukup lancar. Sampai pada pembuatan blog berbasis platform wordpress hingga pointing dns domain dapat kami lakukan dengan baik dan berjalan cukup lancar. Sampai akhirnya blog telah dapat di akses dengan cukup baik.

Tapi sayangnya penggunaan resource di cyberpanel sangat besar hingga pada tahapan untuk upload media dan menulis post baru di wordpress kami mengalami kendala dengan adanya pembatasan upload media hanya sebesar 2 mb. Sementara dengan proses migrasi blog dengan cara baru seperti yang saat ini kami gunakan upload media mendapatkan kapasitas besar hingga 100 mb.

Setelah kami anggap proses migrasi blog tersebut gagal akhirnya kami kembalikan blog kami ke dalam format custom domain blogspot. Setelah beberapa hari blog kami diamkan akhirnya kami mencoba untuk melakukan instal ulang vps dengan cara kembali lagi membuat instancenya di vultr.

Belajar dari kegagalan menggunakan panel cyberpanel akhirnya kami memutuskan untuk coba menggunakan panel easyengine. Setelah mempertimbangkan antara ingin menggunakan panel gratisan lain seperti webuzo atau vestacp akhirnya kami memutuskan untuk menggunakan panel gratisan easyengine.

Panel gratisan cyberengine yang berbasis non GUI ini ternyata lebih cepat dalam proses instalasi panel dan pembuatan blog di paltform wordpress, cache dan penambahan ssl. Ketiga proses tersebut dapat langsung berjalan hanya dengan 1 baris command, perintah saja.

Dengan proses yang cukup kilat ini kami cukup optimis untuk merekomendasikan kepada rekan-rekan yang ingin melakukan proses migrasi blog ke vps untuk menggunakan panel cyberengine. Resource rendah yang di perlukan easyengine dan kecepatannya dalam proses pembuatan blog sangat kami rekomendasikan.

Di bawah ini kami sampaikan cara migrasi blog custom domain ke vps.

Peralatan yang di butuhkan untuk proses migrasi blog dari blog custom domain ke vps seperti di bawah ini:
1. Vps vultr seharga $5 perbulan

Spesifikasi vps vultr:
CPU: 1 vCore
RAM: 1024 MB
Storage: 25 GB SSD
Bandwidth: 1000 GB

Jika anda belum memiliki vps dengan harga cukup terjangkau kami merekomendasikan vps dari vultr. Dengan mengeluarkan dana sebesar $10 kita akan mendapatkan kredit sebesar $50 dolar dan tambahan bonus sebesar $3 dolar Yang dapat di gunakan selama 1 tahun.

Sepertinya tidak cukup banyak tempat yang memberikan resource seperti di atas dengan jumlah dana seperti yang telah kami sampaikan. Selain itu sedikit perbandingan vps vultr dan aws amazon yang kami juga telah mencoba, untuk sisi penggunaan user baru menggunakan vps vultr relatif lebih mudah.

Dengan mengeluarkan dana sebesar $10 dolar melalui playpal anda akan mendapatkan kredit sebesar $50 dolar yang dapat membuat anda memiliki hosting vps untuk 1 tahun dengan spesifikasi seperti yang telah kami sebutkan di atas. Jika anda memiliki minat untuk menggunakan vps vultr link ini, afiliasi, dapat anda gunakan.

2. OS Ubuntu 18.04

Dalam proses pemindahan blog custom domain ke vps vultr kami menggunakan sistem operasi ubuntu 18.04. Sistem operasi ini tidak yang terbaru tetapi telah stabil. Di dalamnya yang sangat penting adalah bahwa sistem operasi ubuntu 18.04 sangat support oleh panel easyengine versi 4.

3. Panel Easyengine

Penel gratisan easyengine kami gunakan untuk proses migrasi blog custom domain ke vps vultr, setelah kami rasakan proses migrasi gagal dengan menggunakan panel gratis cyberpanel seperti yang telah kami sampaikan di atas. Sejauh ini panel gratis terbaik untuk vps menurut kami adalah panel easyengine.

4. Putty

Aplikasi putty adalah sebuah aplikasi untuk melakukan kontrol terhadap vps yang kita miliki. Aplikasi putty di perlukan untuk kita semua yang menggunakan sistem operasi windows di dalam laptop atau pc yang kita miliki. Jika anda menggunakan sistem operasi linux atau mac aplikasi ini tidak di butuhkan.

Menggunakan aplikasi putty untuk melakukan koneksi ke vps yang kita miliki cukup mudah. Setidaknya ada 2 cara mudah untuk melakukan koneksi ke vps dengan putty dan itu juga tergantung kepada tempat kita menyewa vps. Tidak semua sama. Contohnya ada pada vps yang di buat di vultr dan aws amazon.

Cara pertama adlah dengan cara membuat “key public” dan “key privat”yang kemudian dengan cara tertentu di masukkan ke dalam aplikasi putty dan cara kedua cukup dengan melakukan copy dan paste alamat ip address ke aplikasi putty.

Menurut pendapat kami relatif lebih mudah untuk menggunakan putty di vps vultr dan semua vps yang menggunakan sistem semacam vultr. Sedikit berbeda dengan vps di aws amazon misalnya. Di sana di perlukan untuk membuat key public dan privat di mana untuk seorang pemula hal tersebut dapat cukup membingungkan seperti apa yang telah kami alami.

Sementara di vps vultr dan semacamnya melakukan koneksi ke vps sangat mudah. Hanya dengan melakukan copy dan paste ip address sebuah vps dan menekan tanda “open” aplikasi putty langsung dapat terbuka tanpa harus melakukan setting yang membuat pusing.

5. Blog custom domain

Tentunya anda telah memiliki blog menggunakan platform blogspot yang telah di custom domain untuk dapat mengikuti proses migrasi ini. Jika blog anda belum custom domain sebaiknya segera lakukan proses custom domain blogspot secepatnya.

Sekali lagi kami ingatkan bahwa cara migrasi ke vps vultr ini hanya dapat di lakukan setelah blog menjadi custom domain. Dan sebaiknya di tunggu kira-kira 1 bulan setelah custom domain sebelum pindah ke vps. Hal ini di lakukan untuk menjaga agar traffict yang telah terbangun tidak hilang. Karena url artikel telah secara cukup sempurna telah di update oleh mesin pencari di halaman pencarian.

Ok, itu dulu yang dapat kami sampaikan. Semoga bermanfaat

Check Also

Cara Membuat Widget Fanspage Facebook Di Blog

Cara membuat widget fanspage Facebook di blog ini mungkin Anda butuhkan. Seperti apa yang dapat …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *