Sabtu , Februari 22 2020
Home / Blogging / Ngeblog di Blogspot dan WordPress. Bagus Mana?

Ngeblog di Blogspot dan WordPress. Bagus Mana?

Dua tahun lebih blog ini terbengkalai karena kesibukan sehari-hari dan kurangnya kemampuan kami untuk menuliskan kembali ke dalam bentuk artikel apa yang telah kami dapat dari berbagai sumber, baik itu dari dunia nyata maupun maya.

Tulisan kali ini akan mengangkat masalah perbedaan antara ngeblog di Wordpres dan Blogspot. Bagi kami sebagai pemula yang pertama mengenal dunia blogging dari blogspot atau blogger, walaupun ada blog kami yang memakai platform wordpress selft hosted masih merasa, ngeblog dengan blogspot adalah yang terbaik untuk kami.

Hal ini di karenakan beberapa hal :
1. Saya dapat mengubah-ubah format blog sebanyak yang kami mau
2. Sebagai pemula di jagat bisnis online, kami dapat mengexplore blog kami lebih baik dan
3. Yang lebih penting bagi kami dapat terus belajar untuk mendapatkan penghasilan online dari blogspot.

Tentu pendapat kami ini subyektif sifatnya, karena blogger senior mungkin lebih banyak yang menggunakan platform wordpress di blognya. Mohon maaf kepada senior, karena pendapat ini kami utarakan dari sudut pandang blogger pemula.

Sampai saat ini kami masih lebih menyukai ngeblog dengan menggunakan platform Blogspot di bandingkan platform wordpress. Pertimbangan kami adalah masalah kemudahan pengaturan atau kustomisasi template/tampilan di blog, selaku blogger newbie dan efisien bila suatu saat blog ini domainnya akan di TLD kan. Walaupun tidak kami pungkiri bahwa saat ini kami masih memiliki blog dan website yang berplatform wordpress.

Di blogspot bila anda ingin menjadikan blog anda menjadi memiliki Top Level Domain (seperti .com. co.di, .org, dlsb) anda  tidak perlu mengeluarkan biaya hosting lagi pertahunnya karena hosting tetap dapat di blogspot.  Cukup mengeluarkan biaya pertahunnya sekitar Rp. 100.000,- an /tahun.

Hal ini tentu berbeda bila anda menggunakan platform wordpress, selain anda harus mengeluarkan biaya untuk sewa domain, anda pun harus menyewa hosting walaupun ada juga hosting gratis, tentu dengan segala kekurangannya.

Toh.. saya tidak atau setidaknya saya belum melakukan secara intensif upaya-upaya mencari penghasilan di dunia online. Jadi sampai saat ini blogspot adalah platform favorit saya 🙂

Pada artikel selanjutnya, insyaallah saya akan membuat tutorial ngeblog dengan blogspot, dari berbagi sumber yang kami dapatkan. Semoga bermanfaat

Check Also

Siapakah Blogger Terbaik di Indonesia Menurut Anda?

Menjadi seorang blogger terbaik di Indonesia tentu sangatlah tidak mudah. Tingginya tingkat persaingan dari sekian …

4 comments

  1. apalagi buat pemula seperti saya, lebih mudah menggunakan blogspot.
    pengertian firewall

  2. Terimakasih untuk artikel yang di share sangat membantu, akan saya coba terapkan untuk lebih mengembangkan bisnis saya.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *