Senin , Maret 30 2020
Home / Blogging / Cara Monetisasi Blog Lengkap dan Akurat

Cara Monetisasi Blog Lengkap dan Akurat

Artikel cara monetisasi blog lengkap dan akurat ini kami buat untuk membantu rekan-rekan yang kiranya belum cukup memahami tentang istilah monetisasi blog dan atau belum tau atau ingin mendapatkan informasi lebih lengkap dan akurat tentang cara monetisasi blog pada blog yang rekan-rekan miliki.

Melalui artikel cara monetisasi blog ini kami akan mencoba memberikan informasi dari sudut pandang lain berdasarkan dari apa yang telah kami ketahui sejauh ini. Walaupun tentu saja cara monetisasi blog yang akan kami sampaikan boleh jadi tidak jauh berbeda dengan apa yang telah di sampaikan oleh rekan blogger lain.

Alasan mengapa cara monetisasi blog yang akan kami sampaikan secara garis besar mungkin sama dengan apa yang telah di sampaikan oleh rekan blogger lain adalah karena memang pada dasarnya secara umum kegiatan monetisasi blog adalah tidak jauh berbeda. Baik cara monetisasi blog itu di Indonesia maupun belahan dunia yang lain.

CARA MONETISASI BLOG LENGKAP AKURAT

Ok, rekan-rekan..
Sebelum kita menuju kepada pembahasan utama tentang cara monetisasi blog lengkap dan akurat kiranya tidak salah jika kita coba untuk membahas terlebih dahulu tentang definisi blog dan monetisasi itu sendiri.

Hal ini kami maksudkan agar pada pembahasan inti tentang cara monetisasi blog secara lengkap dan akurat ini dapat lebih di pahami. Khususnya untuk segenap rekan pembaca yang belum mengetahui bidang ini.

Definisi Blog
Secara sederhana blog dapat di artikan sebagai sebuah wadah, tempat untuk tulis menulis yang dapat di kunjungi dan di baca oleh segenap netizen, pengguna internet.

Jika pada masa konvensional, sebelum hadirnya teknologi internet wadah, tempat tersebut demikian terbatasnya seperti hanya terdapat di kolom-kolom dan atau artikel yang ada pada koran atau majalah. Di mana hanya orang-orang tertentu yang dapat menuliskan karya yang selanjutnya di publikasikan dan sebelumnya juga harus melewati meja redaksi untuk di edit. Maka di era internet ini hal demikian tidak lagi terjadi.

Dengan hadirnya teknologi internet. Dengan hadirnya situs-situs dengan berbagai platform, bentuk yang menawarkan cara mudah membuat blog sebagai media tulis menulis dan publikasi. Maka setiap orang yang memiliki keinginan menulis akab dapat melakukannya bahkan tanpa harus melewati meja redaksi.

Definisi Monetisasi
Asal kata monetisasi adalah monetize dalam bahasa inggris. Jika di artikan ke dalam bahasa Indonesia sederhana maka kata monetize yang di aebut monetisasi ini dapat di artikan sebagai menguangkan.

Jadi secara sederhana definisi tentang monetisasi blog adalah sebuah cara untuk menguangkan, mendatangkan penghasilan dari sebuah blog.

Ok, kami berharap paparan sederhana kami tentang definisi monetisasi blog dapat rekan-rekan pahami.

Selanjutnya kita akan membahas tentang cara monetisasi blog secara lengkap dan akurat.

Cara Monetisasi Blog Lengkap dan Akurat

Sebagaimana telah di ketahui bersama bahwa proses untuk mendapatkan uang melalui kegiatan online salah satunta adalah dengan cara membuat blog.

Setelah membuat blog dan cukup berhasil mendatangkan pengunjung ke dalan blog maka sudah saatnya kita berfikir untuk melakukan monetisasi atau menguangkan blog kita tersebut.

Cukup banyak cara yang dapat di coba untuk melakukan monetisasi pada sebuah blog. Di bawah ini kami sampaikan beragam cara yang dapat anda lakukan untuk monetisasi blog yang anda kelola.

8 Cara Monetisasi Blog

1. Jual Produk atau Jasa Anda Sendiri
Hal pertama yang dapat anda lakukan untuk menguangkan blog yang anda lakukan adalah dengan cara menjual produk atau jasa yang anda pribadi miliki.

Produk apapun, jasa apapun selama itu anda anggap cukup berharga maka anda dapat mencoba untuk menjualnya melalui blog anda.

Bagaimana jika anda tidak atau belum memiliki produk atau jasa sendiri? Tidak perlu khawatir masih ada cara lain untuk menguangkan blog yang anda miliki.

2. Menjadi Affiliate
Apa itu affiliate? Dalam bahasa Indonesia kata affiliate di serap menjadi kata afiliasi yang mengandung arti kerjasama.

Jika anda belum memiliki produk atau jasa yang dapat anda jual anda tetap memiliki potensi untuk menguangkan blog anda dengan cara mengikuti program kerjasama afiliasi.

Bagaimana cara kerja program afiliasi ini? Cara kerjanya cukup sederhana. Anda bekerjasama dengan individu atau sebuah lembaga untuk membantu memasarkan produk atau jasa mereka di blog anda.

Setelah jasa atau produk rekanan anda tersebut terjual atas usaha anda maka anda akan mendapatkan sejumlah komisi berdasarkan apa yang telah di sepakati.

3. Pasang Iklan Mandiri
Jika cara monetisasi blog afiliasi kurang berkenan untuk anda maka ada cara lain yang dapat anda coba.

Ya.. Anda dapat menguangkan blog yang anda miliki dengan cara memasang iklan mandiri.

Artinya anda harus berupaya menarik perhatian orang-orang yang berminat untuk melakukan promosi melalui blog yang anda miliki.

Untuk mendapatkan peluang anda dapat memasang iklan mandiri anda dapat memasang iklan di blog anda sendiri yang menawarkan tempat atau kolon yang dapat anda pasangi iklan untuk klien anda.

Cara lain yang dapat anda lakukan adalah dengan cara jemput bola. Anda langsung melakukan penawaran ke orang-orang tertentu. Badan usaha tertentu yang sekiranya menurut pertimbangan anda cukup tertarik untu melakukan pemasangan iklan mandiri di blog yang anda miliki.

Jika cara monetisasi ini masih juga belum memuaskan anda maka kami akan memberikan cara monetisasi blog lain untuk anda

4. Publisher
Anda dapat mencoba untuk menjadi seorang publisher, Seorang penayang iklan. Dalam hal ini anda melakukan kerjasama dengan situs-situs yang menawarkan imbalan uang atas jasa anda yang telah menayangkan iklan dari sistemnya.Dari sekian banyak situa yang menawarkan metode ini situs Google adalah yang terbesar. Nama programnya adalah Google AdSense.

Sebagian besar blogger pasti pernah mendengar istilah Google AdSense. Bahkan cukup banyak blogger yang berminat untuk menjalin kerjasama dengan google untuk dapat mengikuti program ini.

5. Content Review 
Content review atau dalam bahasa Indonesianya di sebut sebagai review produk atau jasa dapat di gunakan sebagai cara lain untuk menguangkan blog, situs yang anda miliki untuk mendapatkan penghasilan.

Tidak seperti menjadi penayang iklan yang membutuhkan waktu yang cukup lama untuk mendapatkan uang content review dapat langsung menghasilkan uang setelah artikel review produk/jasa di terbitkan di dalam blog atau situs sesuai dengan kesepakatan.

6. Blogpost atau Content Replacement 
Menguangkan blog dengan cara blogpost atau content replacement juga daat anda lakukan untuk mendapatkan penghasilan melalui blog yang anda miliki. Cara ini akan cepat mendatangkan penghasilan untuk anda. Sebelum atau sesudah artikel di terbitkan ke dalam sebuah blog anda akan segera mendapatkan penghasilan.

Tidak seperti content review yang mensyaratkan pemilik blog atau situs menulis sendiri artikelnya, blogpost atau content replacement dapat memuat artikel yang telah di siapkan oleh pengguna jasa. Menguangkan blog dengan cara blogpost adalah salah satu cara cepat untuk mendapatkan penghasilan melalui blog.

7. Menjual link/Tautan
Menjual link/tautan keluar dari blog adalah satu cara lain untuk dapat mendatangkan uang bagi para pemilik blog. Menjual link/tautan keluar adalah satu cara cepat lain yang dapat di gunakan oleh para pemilik blog untuk dapat memperoleh penghasilan.

Akan tetapi cara yang mudah mendatangkan uang dari blog ini sedikit memiliki resiko. Perubahan algoritma dari mesin pencari seperti google dapat membuat pemilik blog mengalami penurunan jumlah pengunjung dengan adanya link/tautan keluar.

Tetapi jika cara ini di gunakan dengan penuh perhitungan, dalam artian link/tautan blog keluar tidak cukup banyak dan tautan tersebut menuju blog dengan kualitas yang cukup baik menurut kami cara mendatangkan uang dari blog dengan cara ini tetap dapat di lakukan.

8. Menggunakan Penyingkat Url
Menggunakan penyingkat url seperti adf.ly, shorte.st dan lainnya dapat juga di gunakan untuk mendatangkan uang di blog. Cara mendatang uang ke blog menggunakan cara ini memang cukup membutuhkan waktu sampai jumlah minimal penghasilan telah tercapai sesuai dengan kebijakan situs penyingkat url bersangkutan.

Tapi cara mendatangkan uang dengan blog menggunakan cara ini relatif sangat mudah untuk di gunakan bahkan tanpa perlu memiliki blog, situs itu sendiri. Cukup dengan mendaftar ke dalam situs penyingkat url dan menyebarluaskan situs atau blog yang telah anda singkat anda telah memiliki potensi untuk mendapatkan penghasilan secara online.

Cara mendapatkan uang dari blog yang mana yang akan anda gunakan kembali kepada pilihan anda sendiri. 8 cara monetisasi blog telah kami sampaikan semoga bermanfaat. Salam sukses!

Check Also

Definisi Blogging dan Cara Monetisasi Blog

Dalam kesempatan kali ini kita akan membahas tentang definisi blogging dan cara monetisasi nya. Jika …

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *